Mengenal Bilangan Bentuk Akar

Mengenal Bilangan Bentuk Akar - Bentuk Akar menurut bahasa saya sederhananya dikatakan sebagai bilangan yang ditulis dengan menggunakan tanda akar dan jika kita hitung nilai akarnya menghasilkan bilangan desimal tak terbatas dan tak beraturan.

bilangan bentuk akar

Bentuk Akar merupakan bagan dari bilangan irasional. Artinya, Bentuk akar tidak dapat dinyatakan dalam bentuk  .

Bilangan bentuk akar tentunya berbeda sekali dengan bilangan akar walaupun keduanya sama-sama ditulis menggunakan tanda akar. Bilangan akar bisa disebut Bentuk Akar jika dan hanya jika memenuhi defisi yang telah saya jelaskan di atas.

Misalkan 2 bilangan yaitu dan !

  • adalah bilangan akar tapi bukan merupakan bentuk akar karena . Hasilnya adalah bilangan rasional.
  • Sedangkan merupakan bilangan bentuk akar karena (dst sampai tak hingga bilangan yang tak beraturan dibelakangnya)

Bagaimana dengan bilangan atau semua bilangan desimal tak hingga yang berulang beraturan? Apakah termasuk bentuk akar?

Tentu ini bukan merupakan bilangan bentuk akar atau pun bilangan irasional, tetapi bilangan tersebut termasuk dalam bilangan rasional yang dapat dinyatakan dalam bentuk . Bagaimana cara membuktikan bahwa semua bilangan desimal tak hingga yang berulang beraturan termasuk dalam bilangan rasional? Anda bisa baca penjelasan saya tentang hal tersebut yaitu tentang Cara Mengubah Bilangan Desimal Tak Hingga Beraturan menjadi Pecahan.

Demikianlah artikel Mengenal Bilangan Bentuk Akar ini saya buat, jika memang masih belum paham tentang penjelasan saya tersebut atau ada kesalahan silahkan didiskusikan pada kolom komentar.



 
Tag : Bahan Ajar
0 Komentar untuk "Mengenal Bilangan Bentuk Akar"

Back To Top