Permainan Tebak Angka

Permainan Tebak Angka - Ini merupakan trik permainan sulap angka sederhana, anggap saja begitu, karena memang permainannya sangat mudah dan dapat digunakan sebagai bahan untuk menarik pehatian siswa dalam belajar matematika. Seperti yang saya tuliskan dalam artikel sebelumnya bahwa Matematika merupakan sumber hiburan. Begitu juga dengan tebak angka ini akan menjadi hiburan tersendiri bagi siswa.


Langkah - langkah permainannya cukup mudah, yaitu:
  • Pertama, kalian minta teman/siswa untuk menuliskan 3 digit angka sembarang pada selembar kerta kecil tanpa harus menyebutkan berapa 3 digit angka tersebut yang dipilih. Misalkan angka mereka 761
  • Kedua, suruh teman/siswa membalikkan penulisan angka tersebut dari belakang ke depan. Karena pemisalan yang diambil tadi 761 maka penulisan ditulis menjadi 167
  • Ketiga, suruh mereka mengurangi ke dua angka tersebut, yaitu misalkan 761 - 167 = 594. Suruh mereka jangan sampai membocorkan hasil pengurangan tersebut, karena bagian menariknya ada di bagian tebak hasil ini.
  • Keempat, suruh mereka menyebutkan angka pertamanya saja dari hasil pengurangan yang diperoleh tadi. Pasti mereka akan menyebutkan angka 5.
  • Kelima, Nah..sekarang anda bisa menebak hasilnya dengan mengurangi angka yang ditengah (yaitu 9) dengan bilangan di depan tadi. Yaitu 9 - 5 = 4. Jadi hasilnya adalah 594.

Mengapa bisa demikian?

Dalam tebak angka seperti di atas, untuk sembarang angka yang dipilih pasti hasil pengurangannya untuk angka yang di tengah adalah 9. Sedangkan untuk angka terakhir diperoleh dengan mengurangi angka ditengah dengan dengan angka paling depan.

Bagaimana menarik bukan? Silahkan praktekkan sendiri dengan teman/siswa anda, pasti mereka akan heran jika belum mengetahui triknya..:)

Semoga bermanfaat!
0 Komentar untuk "Permainan Tebak Angka"

Back To Top