Mengapa Belajar Matematika Aljabar?

Mengapa Belajar Matematika Aljabar?

Untuk kesekian kalinya saya menulis tema: mengapa belajar matematika aljabar? Saya ingin mengumpulkan menjadi satu tulisan-tulisan tersebut agar lebih mudah kita mempelajarinya.

Seorang guru mendapat pertanyaan dari siswa,

“Mengapa saya harus mempelajari aljabar persamaan garis lurus. Kapan saya akan menggunakan persamaan matematika ini dalam kehidupan?”

Guru itu menjawab,

“Anda tidak akan pernah menggunakannya. Anda tidak akan pernah memanfaatkan persamaan matematika dalam kehidupan.”

“Ketika Anda berlatih angkat beban, pernahkah Anda mengharapkan akan menggunakannya dalam kehidupan? Apakah Anda berharap akan ada seorang perampok yang menaruh beban berat di kaki Anda? Lalu Anda akan mengangkat beban itu?

Tidak. Anda tidak berharap itu.

Anda berharap dengan latihan otot menggunakan beban akan membuat tubuh Anda menjadi sehat. Sehingga Anda menjadi produktif menjalani hidup Anda. Anda dapat menjagi karyawan yang energik. Anda dapat menjadi pengusaha yang tangguh. Anda dapat menjadi orang tua yang kuat.

Kelak, Anda punya cucu. Anda dapat menggendong cucu tanpa masalah otot punggung. Anda dapat bermain kejar-kejaran bergembira dengan cucu-cucu Anda.

Latihan matematika aljabar adalah latihan beban mental. Dengan latihan matematika mental Anda menjadi lebih kuat. Logika berpikir Anda menjadi berkembang.

Anda dapat saja menjadi dokter dengan logika yang bagus. Anda juga dapat memilih menjadi pengacara dengan logika matang. Anda juga dapat menjadi orang tua dengan logika yang mantap.

Anda tidak perlu berharap memanfaatkan matematika aljabar dalam profesi Anda. Tetapi logika Anda yang kuat karena berlatih matematika aljabar akan banyak berguna dalam kehidupan Anda.”

Jawaban yang sangat bagus dari seorang guru. Saya salut dengan guru tersebut. Kita butuh lebih banyak guru-guru matematika seperti itu.

Bagaimana menurut Anda?

Salam hangat…
(angger; agus Nggermanto: Pendiri APIQ)

Sumber: http://apiqquantum.com
0 Komentar untuk "Mengapa Belajar Matematika Aljabar?"

Back To Top