Bagaimana Menyusun Judul Penelitian Tindakan Kelas (PTK)

Diposkan oleh Kang Guru


Bagaimana Menyusun Judul Penelitian Tindakan Kelas (PTK) - Dalam dunia pendidikan khususnya bagi para guru baik dari tingkat dasar hinggan menengah, melakukan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) merupakan salah satu hal yang harus dikuasai. Hal ini tentunya akan sangat bermanfaat demi peningkatan pembelajaran di kelas dan memecahkan permasalahan yang dihadapi dalam Kegiatan Belajar Mengajar (KBM). Namun, tidak dipungkiri masih ada juga yang mungkin merasa kesulitan dalam memulai PTK terutama mencari ide atau Judul yang tepat. Berikut kami sajikan ulasan singkat yang kami ambil dari artikel p4tkmatematika.org tentang bagaimana menyusun judul PTK. Semoga bermanfaat..

Menyusun Judul PTK

Oleh: Estina Ekawati

Mencari artikel tentang Penelitian Tindakan Kelas (PTK) khususnya di internet sudah banyak, buku-buku yang mebahas tentang PTK ini pun juga sudah banyak penerbit yang mencetak. Baik dari cara menyusun proposal hingga cara menyusun laporannya. Namun, ketika searching tentang cara membuat/menyusun Judul PTK ini masih jarang.

Guru dalam hal ini sebagai pelaku utama PTK, melaksanakan PTK dengan bertolak pada permasalahan di kelas. Permasalahan guru maupun permasalahan siswa. Permasalahan ini terjadi karena adanya kesenjangan antara idealisme dari harapan yang diinginkan dengan kenyataan yang ada.
Langkah-langkah yang harus dilakukan dalam menyikapi permasalahan di kelas adalah
  1. Introspeksi yang terjadi dalam pembelajaran matematika di kelas Anda
  2. Temukan masalahnya
  3. Tentukan fokus masalahnya
  4. Lakukanlah Penelitian Tindakan Kelas
Dengan demikian, maka PTK yang akan dilaksanakan benar-benar permasalahan yang ada di kelasnya sendiri, dan tertuju pada peningkatan kualitas proses  pembelajaran, bukan ke hasil saja.
Kemudian, bagaimanakah membuat judul PTK itu? Aturan apa saja dalam membuat judul PTK? Dari beberapa referensi yang saya baca, berikut beberapa aturan dalam menyusun judul PTK:
  1. Memuat what, who, dan how
  2. Menarik, ringkas dan jelas
Sebagai contoh, kita cermati kasus berikut ini.
Sebagian besar siswa kelas 3 SD MAJUJAYA masih belum paham tentang materi perkalian. Guru di kelas tersebut tidak memiliki cukup waktu untuk menjelaskan materi perkalian ke siswa, ada beberapa siswa yang sudah paham, sehingga guru menginginkan perlu adanya pembelajaran kelompok.
Dari kasus tersebut, guru akan melakukan PTK. Maka langkah awal adalah menyusun judul PTK.
Pertanyaan yang harus dijawab untuk menyusun judul PTK,
  1. What (Apa), Meningkatkan pemahaman perkalian matematika dan keaktifan siswa.
  2. How (Bagaimana), Melalui teknik think pair share dengan memanfaatkan kartu perkalian
  3. Who (Siapa), Siswa kelas 3 SD MAJUJAYA
Dari jawaban pertanyaan di atas, maka kita rangkai menjadi judul PTK yaitu “Upaya meningkatkan pemahaman perkalian matematika dan keaktifan siswa kelas 3 SD Majujaya dalam pembelajaran melalui teknik think pair share dengan memanfaatkan kartu perkalian”.
Dari judul PTK tersebut, maka kita susun rumusan masalah sebagai berikut:
  1. Apakah melalui teknik think pair share dengan memanfaatkan kartu perkalian dapat meningkatkan pemahaman perkalian matematika siswa kelas 3 SD Majujaya?
  2. Apakah melalui teknik think pair share dengan memanfaatkan kartu perkalian dapat meningkatkan keaktifan siswa kelas 3 SD Majujaya?
Sebagai latihan, berdasarkan situasi pembelajaran yang Bapak-Ibu alami di kelas, susunlah:
  1. Judul PTK
  2. Rumusan Masalah
Untuk bahan presentasi silahkan download file PPT berikut: Menyusun Judul PTK.ppt

Artikel Terkait Lainnya Seputar:



{ 0 komentar... read them below or add one }

Poskan Komentar