Bagaimana Cara Menyusun Lembar Kegiatan Siswa (LKS)

Bagaimana Cara Menyusun Lembar Kegiatan Siswa (LKS) - Pembelajaran yang menarik merupakan idaman bagi setiap guru dan siswa. Salah satu hal yang perlu disiapkan agar pembelajaran menjadi hal yang menaraik/menyenangkan adalah adanya kegiatan dikelas yang dilengkapi dengan fasilitas belajar mengajar yang memadai. Sarana belajar siswa pun harus dipersiapkan salah satunya yaitu Lembar Kegiatan Siswa (LKS).

Pertanyaannya adalah bagaimana cara menyusun Lembar Kegiatan SIswa (LKS) yang baik? Berikut kami sampaikan ulasan singkat oleh Dra. Theresia Widyantini, M.Si yang kami ambil dari p4tkmatematika.org. Semoga bermanfaat,,

Penyusunan Lembar Kegiatan Siswa ( LKS ) sebagai Bahan Ajar

Oleh : Dra. Theresia Widyantini, M.Si

Sebelum pelaksanaan  pembelajaran di kelas, seorang  guru perlu  menyiapkan bahan ajar yang diperlukan dalam proses pembelajaran. Bahan ajar yang lengkap akan membantu guru dalam  mengajar, dan membantu siswa dalam proses belajar. Suatu bahan ajar ikut menentukan pencapaian tujuan pembelajaran. Lembar kegiatan siswa atau sering disingkat dengan LKS yang dibuat oleh guru untuk membantu pelaksanaan pembelajaran di kelas merupakan bagian dari suatu bahan ajar.  

Pengertian bahan ajar adalah segala bentuk bahan yang digunakan untuk membantu guru dalam melaksanakan kegiatan belajar mengajar di kelas.  Bahan ajar dapat  berupa bahan tertulis maupun bahan tidak tertulis. (National Center for Vocational Education Research Ltd/National Center for Competency Based Training). Sebagaibagian dari bahan ajar maka lembar kegiatan  siswa haruslah disusun secara sistematis sehingga mendukung tercipta lingkungan/suasana yang memungkinkan siswa untuk belajar.  

Untuk artikel lebih lanjut silahkan download file pdf berikut:

 

Tag : Artikel
0 Komentar untuk "Bagaimana Cara Menyusun Lembar Kegiatan Siswa (LKS)"

Back To Top