Permainan dan Teka-teki (Games and Puzzle) dalam Pembelajaran Matematika

Advertisement
Permainan dan Teka-teki (Games and Puzzle) dalam Pembelajaran Matematika - Hi sobat matematika sip,,Bagaimana kabarnya hari ini? Semoga selalu semangat dan sehat selalu yah.. Kali ini matematika sip akan membahas mengenai permainan dan teka-teki dalam matematika. Ini berdasarkan hasil resume saya ketika membaca sebuah buku menarik tentang pembelajaran matematika.

Anda pasti setuju kan?! kalo saya mengatakan bahwa sebagian besar siswa menganggap bahwa matematika merupakan pelajaran yang ditakuti oleh para siswa. Hal ini sudah menggejala dari tingkat SD, SMP, maupun SMA. Di sisi lain siswa (anak-anak) suka permainan dan teka-teki karena memang bermain itu merupakan dunia anak-anak.

Tugas kita sebagai guru matematika di sekolah harus menumbuhkan sikap positif siswa terhadap matematika sehingga prestasi matematika siswa semakin baik. Menurut Secada (1992) (dalam Turmudi, 2009) prestasi hasil belajar siswa dalam matematika seringkali dipandang sebagai indikator sebagai “berapa banyak” seseorang mengetahui atau memiliki pengetahuan matematika.  

 Apa yang harus dilakukan guru? Tentunya kita harus berusaha menerapkan strategi pembelajaran matematika yang menarik bagi siswa, memotivasi siswa untuk belajar, memberikan rasa aman untuk belajar dan menyenangkan bagi mereka.

Salah satu alternatif yang bisa dilakukan guru matematika dalam pembelajaran adalah menggunakan pendekatan permainan dan teka-teki. Hal ini diharapkan para siswa termotivasi untuk belajar matematika dengan sungguh-sungguh dan dapat memahami matematika secara menyeluruh. Tapi perlu diingat bahwa permainan dan teka-teki (Games and Puzzle) bukan tujuan akhirnya tapi sebagai alat untuk memotivasi siswa.

Mengapa game/permainan dan Puzzle menjadik efektif untuk pembelajaran matematika?

Ada banyak sekali faktor yang membuat game atau permainan menjadi sangat efektif untuk digunakan dalam pembelajaran matematika di kelas. Menurut Within dan Wilde (1992 dalam Turmudi 2009 hal 90) dikatakan bahwa games dan puzzle merupakan bagian yang bernilai dari program matematika. Kelebihan yang lain penggunaan game dan puzzle dalam matematika yaitu:
1.       Dengan game penggunaan strategi pembelajaran menjadi fleksibel
2.       menekankan pada pentingnya belajar nalar matematika
3.       mendorong lebih percaya diri dalam kemampuan matematika
4.       melatih kreatifitas, kesabaran, dan ketekunan
5.       Mendorong siswa untuk toleran
6.       Dalam game ada aturan yang harus diikuti
7.       Siswa kenal dan menyenangi berbagai macam jenis game, dan
8.       Sudah kenal semasa kanak-kanak tentang game

Selain 8 hal tersebut di atas, efektifitas penggunaan game dalam pembelajaran matematika mempunyai pengaruh yang sangat besar. Menurut Ernest (1986 dalam Turmudi, 1997) bahwa game mengajarkan matematika secara efektif karena 4 hal, yaitu:
  • 1.       Menyediakan reinforcement dan latihan ketrampilan
  • 2.       Menyediakan motifasi
  • 3.       Membantu akuisi dan pengembangan konsep matematika
  • 4.       Mengembangkan strategi pemecahan masalah.
Selain 4 hal tersebut, Ernest (1986 dalam Turmudi 2009) menambahkan bahwa games dapat memotivasi banyak siswa dan di dalam game perhitungan rutin sering diulang berkali-kali. Sesuai dengan apa yang disampaikan oleh Ernest mengenai point 4 bahwa game mengembangkan strategi pemecahan masalah. Artinya antara strategi game dengan strategi pemecahan masalah mempunyai perbedaan mendasar. Apa perbedaan itu? Bisa dilihat pada tabel di bawah ini.

Perbedaan
Strategi Game
Strategi Pemecahan Masalah
1
Baca aturannya
Baca aturannya
2
Pahami aturannya
Apa yang diberikan dan apa yang dicari
3
Kembangka sebuah rencana
Tuliskan persamaannya
4
Kerjakan rencana itu
Selesaikan persamaan itu
5
Jika kamu menang tersenyumlah, jika kalah pikirkan mengapa kalah
Periksalah jawabanmu
(Posamentier & Stapelman, 1990, hal 117 dalam Turmudi 2009 hal 92)

Demikianlah hasil resume buku yang saya baca ketika saya sedang bersantai ria di perpustakaan sekolah. J Jadi anda sendiri harus kreatif memilih game yang cocok untuk diterapkan di kelas. Lebih-lebih anda bisa menciptakan sendiri game matematika untuk siswa. Jadi anda sendiri harus kreatif memilih game yang cocok untuk diterapkan di kelas. Lebih - lebih anda bisa menciptakan sendiri game matematika untu siswa. :)

Semoga bermanfaat  dan Selamat berkreatifitas (termasuk saya juga,,hehehe)...!!

0 Komentar untuk "Permainan dan Teka-teki (Games and Puzzle) dalam Pembelajaran Matematika"

Back To Top