Paradoks Zeno

Paradoks Zeno - merupakan sebuah cerita paradoks yang dikenal baik oleh Bangsa Yunani Kuno tetapi sangat sulit mereka pecahkan karena mereka belum menemukan 'alat' untuk memecahkannya. Ternyata setelah penemuan konsep limit, barisan dan deret masalah Paradoks Zeno ( Zeno's Paradox) dapat dengan mudah diselesaikan. Pengen tahu seperti apa cerita Paradoks Zeno tersebut? Yuk ikuti jalan ceritanya berikut di bawah ini..

Achilles, seorang pelari cepat, ditantang untuk bertanding melawan kura-kura. Achilles dapat berlari 10 m/detik, sedangkan kura-kura hanya 1 m/detik. Panjang lintasan adalah 100 m. Achilles, sebagai atlit yang sportif, membiarkan kura-kura 10 meter di depannya pada waktu start. Siapa yang akan menang? 
  • Masing-masing mulai berlari, dengan kura-kura 10 m di depan
  • Setelah satu detik, Achilles telah mencapai titik tempat kura-kura mulai start. Saat itu, kura-kura berada di depan Achilles.
  • Achilles lari lagi sampai ke titik tempat kura-kura sampai di poin sebelum ini. Kura-kura kini berada    m di depan.
  • Achilles lari lagi dan sampai di titik tempat kura-kura sampai di poin sebelum ini. Kura-kura kini berada    m di depan Achilles.
Hal ini berlangsung terus untuk untuk beberapa saat, tetapi setiap kali Achilles berhasil mencapai titik tempat kura-kura sampai, sebelumnya kura-kura telah berada sedikit lebih depan dari Achilles. Oleh karenanya, bagaimana pun Achilles berusaha, Achilles hanya mampu memperkecil jarak  kali setiap saat tanpa dapat mendahului kura-kura. Jadi, kura-kura memenangkan pertandingan yang membuat Achilles sama sekali tidak senang. Jelas hal ini tidak benar, tapi dimana letak kesalahannya?

Demikianlah tadi cerita tentang Paradoks Zeno yang menuntut kita untuk berpikir secara jernih, karena cerita paradoks tersebut dibuat tentunya mempunyai maksud dan tujuan untuk pembelajaran berpikir. Hal ini juga seperti Paradoks Galileo yang juga menarik untuk diketahui..

Semoga bermanfaat..!
0 Komentar untuk "Paradoks Zeno"

Back To Top